HUKUM MENUNDA PROSES PEMAKAMAN


Menunda Penguburan Mayit


Orang yang meninggal hendaknya harus cepat dilakukan penguburan, tidak baik bagi mayit terlalu lama di kubur hal ini sesuai dengan hadist,  dengan kondisi jaman sekarang banyaknya perantauan membuat, proses penguburan mayat atau mensholatinnya menjadi semakin lama di karena menunggu kerabat, ayah atau saudara yang jauh merantau, hal ini kerap terjadi di masyarakat kita, munculah pertanyaan bolehkah mensholati di undur karena menuggu pihak kluarga ?
Dalam beberapa kitab klasik di jelaskan tidak ada kesunahan apapun mengakhiri penguburan mayit dengan alasan ingin lebih banyaknya orang yang mensholati, namun hal itu di perbolehkan ketika dari pihak yang berhak atas mayit tersebut menginginkan untuk mensholatinya selam tidak mayit tersebut masih bisa bertahan dalam keadaan seutuhnya, ketika si manyit berubah dengan keadaannya maka proses penantian tersebut dilarang karena berdampak bagi mayit.
إعانة الطالبنين جـ 2
(قوله: ولا يندب تأخيرها) أي الصلاة على الميت. (وقوله: لزيادة المصلين) أي كثرتهم، وذلك لخبر: أسرعوا بالجنازة. (وقوله: إلا لولي) أي إلا لاجل حضور ولي الميت ليصلي عليه، فإنه تؤخر الصلاة له، لكونه هو المستحق للامامة. لكن محله إذا رجي حضوره عن قرب وأمن من التغير.قال في التحفة: وعبر في الروضة بلا بأس بذلك، أي بالتأخير له. وقضيته أن التأخير له ليس بواجب.

مغني محتاج جـ 4
( وَلَا تُؤَخَّرُ ) الصَّلَاةُ ( لِزِيَادَةِ مُصَلِّينَ ) لِلْخَبَرِ الصَّحِيحِ { أَسْرِعُوا بِالْجِنَازَةِ } وَلَا بَأْسَ بِانْتِظَارِ الْوَلِيِّ عَنْ قُرْبٍ مَا لَمْ يُخْشَ تَغَيُّرُ الْمَيِّتِ .
BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT
HUKUM BAYAR ZAKAT DENGAN UANG

Comments

Popular posts from this blog

apa itu Wasilah kauniyah dan syar’iyyah

HUKUM PEN TUBUH UNTUK PENGOBATAN

Definisi Tawassul dan Definisi Wasilah(Sarana) dalam Al-Qur’an