apa itu Wasilah kauniyah dan syar’iyyah

Wasilah kauniyah dan syar’iyyah

   Definisi wasilah kauniyah
         Wasilah kauniyah ialah sarana-sarana alamiah (yang diambil dari alam) yang dapat memenuhi keinginan seseorang dengan karakter alamiahnya yang telah Allah ciptakan, wasilah ini tentu berlaku bagi orang mukmin dan kafir tanpa ada perbedaan (contohnya air adalah wasilah untuk menghilangkan dahaga manusia, makan adalah wasilah untuk mengenyangkan perut dan lain sebagainya)

 Definisi wasilah syar’iyyah
            Wasilah syar’iyyah adalah sarana yang dapat memenuhi keinginan seseorang melalui cara yang telah disyariatkan Allah dan dijelaskan didalam kitabnya dan sunnahnya. Wasilah ini hanya dikhususkan bagi orang yang beriman dan mengikuti perintah Allah dan Rasulnya.
Contohnya, mengucapkan dua kalimat syahadat dan penuh keikhlasan dan memahami maknanya merupakan wasilah untuk masuk surga, membaca shalawat nabi merupakan wasilah untuk memperoleh syafaat Nabi SAW, dan lain sebagainya.
Tanpa jalan syariat kita tidak mungkin bisa mengtahui semua yang disebutkan diatas, tidak sedikit orang-orang yang tersesat karena ketidak mengertian mereka terhadap dua wasilah ini.

 Tawassul yang disyariatkan dan bentuk-bentuknya beraneka ragam
            Ada dua persoalan penting yang tidak boleh dilupakan dalam bertawassul.
a.       Wajib bertawassul syar’iyah dengan dalil yang sahih dari Al-Qur’an dan As-sunnah.
Kedua tawassul kauniyah (sarana alamiyah) itu baru dapat dibenarkan apabila dapat memenuhi kebutuhan manusia. Allah telah memerintahkan agar kita berdoa dan memohon pertolongan kepadanya. Allah juga telah menetapkan barbagai macam tawassul yang syar’i yang memberikan pengaruh positif dan dapat mewujudkan keinginan kita.lanjutkan baca

Comments

Popular posts from this blog

HUKUM PEN TUBUH UNTUK PENGOBATAN

Definisi Tawassul dan Definisi Wasilah(Sarana) dalam Al-Qur’an