HUKUM PEN TUBUH UNTUK PENGOBATAN


    HUKUM PEN TUBUH 

       Logam ringan Magnesium merupakan implant ideal bagi penyembuhan patah tulang, karena dapat terurai secara biologis. Operasi kedua kalinya untuk mengangkat kembali implant dalam tubuh tidak diperlukan.
       Dalam teknik kedokteran, pemasangan implant atau organ tubuh artifisial dewasa ini sudah menjadi kelaziman. Mulai dari penanaman gigi palsu hingga sendi panggul buatan. Akan tetapi, juga terdapat implant yang tidak harus selamanya berada dalam tubuh, misalnya pelat penyangga tulang yang patah.
       Dalam kedokteran ortopedi modern, penyembuhan kasus patah tulang semakin banyak memanfaatkan sekrup dan pelat-pelat penyangga dari logam nirkarat. Metodenya lebih unggul dibanding cara konvensional menggunakan bebatan gips. Tapi kerugiannya, harus dilakukan operasi kedua kalinya untuk mencabut kembali sekrup-sekrup dan pelat logam penyangga. Untuk menghindari hal itu, kini dikembangkan implant yang dapat terurai sendiri secara biologis.
       Sebut saja pak Roymi. Beliau sudah tujuh tahun di dalam tubuhnya tertanam pen/implant yang menekan kedua tulang betisnya. Karena untuk menahan tulang yang patah saat ia terkena musibah kecelakaan tujuh tahun silam. Namun, ada timbul kekhawatiran jika terjadi apa-apa pada dirinya (meninggal). Sedangkan pen/implant masih tertanam dalam tubuhnya. Pen tersebut belum terurai/diambil dari tubuhnya. Di sisi lain dalam syariat Islam, orang yang meninggal tidak boleh membawa sesuatu apa pun dalam tubuhnya.
Pertanyaan :
a.    Apa hukumnya memakai/menanam pen dalam tubuh dengan alasan untuk pengobatan?
Jawaban : Boleh dengan catatan harus dilakukan oleh dokter yang ahli yang telah teruji
Referensi :
المجموع شرح المهذب - (3 / 138)
إذا انكسر عظمه فينبغي ان يجبره بعظم طاهر قال اصحابنا ولا يجوز أن يجبره بنجس مع قدرته علي طاهر يقوم مقامه فان جبره بنجس نظر ان كان محتاجا الي الجبر ولم يجد طاهرا يقوم مقامه فهو معذور وان لم يحتج إليه أو وجد طاهرا يقوم مقامه اثم ووجب نزعه ان لم يخف منه تلف نفسه ولا تلف عضو ولا شيئا من الاعذار المذكورة في التيمم فان لم يفعل اجبره السلطان ولا تصح صلاته معه ولا يعذر بالالم الذى يجده إذا لم يخف منه وسواء اكتسى العظم لحما أم لا هذا هو المذهب وبه قطع الجمهور لانها نجاسة أجنبية حصلت في غير معدنها وفيه وجه شاذ ضعيف انه إذا اكتسي اللحم لا ينزع وان لم يخف الهلاك حكاه الرافعي ومال إليه امام الحرمين والغزالي وهو مذهب ابي حنيفة ومالك وان خاف من النزع هلاك النفس أو عضوا أو فوات منفعة عضولم يجب النزع علي الصحيح من الوجهين ودليلهما في الكتاب قال صاحب التتمة وغيره لو لم يخف التلف وخاف كثرة الالم وتأخر البرء وقلنا لو خاف التلف لم
 يجب النزع
تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (11 / 312)
( ويسن التداوي ) للخبر الصحيح { تداووا فإن الله لم يضع داء إلا وضع له دواء غير الهرم } وفي رواية صحيحة { ما أنزل الله داء إلا أنزل له شفاء } فإن تركه توكلا فهو فضيلة قاله المصنف واستحسن الأذرعي تفضيل غيره بين أن يقوي توكله فتركه أولى وإن لا ففعله أولى ثم اعترضه بأنه صلى الله عليه وسلم سيد المتوكلين وقد فعله ويجاب بأنه تشريع منه صلى الله عليه وسلم ثم رأيت بعضهم أجاب به ونقل عياض الإجماع على عدم وجوبه واعترض بأن لنا وجها بوجوبه إذا كان به جرح يخاف منه التلف وفارق وجوب نحو إساغة ما غص به بخمر وربط محل الفصد لتيقن نفعه ( ويكره إكراهه ) أي المريض ( عليه ) أي التداوي وتناول الدواء لأنه يشوش عليه قال شارح وكذا على تناول طعام للنهي الصحيح { لا تكرهوا مرضاكم على الطعام والشراب فإن الله يطعمهم ويسقيهم } واعتمد في ذلك على تحسين الترمذي له وليس كما قال فقد ضعفه البيهقي وغيره كما في المجموع
 ( قوله واعترض بأن لنا وجها بوجوبه إذا كان به جرح يخاف منه التلف ) في باب ضمان الولاة من الأنوار عن البغوي أنه إذا علم الشفاء في المداواة وجبت ا هـ ولعل محله الشفاء مما يخاف منه التلف ونحوه لا نحو بطء البرء قال م ر في شرحه ويجوز الاعتماد على طب الكافر ووصفه ما لم يترتب على ذلك ترك عبادة أو نحوها مما لا يعتمد فيه شيء ومنه الأمر بالمداواة بالنجس شرح م ر
PELAJARI JUGA

CONTOH MEMBUAT SURAT NARASUMBER HALAQOH NASIONAL

Comments

Popular posts from this blog

apa itu Wasilah kauniyah dan syar’iyyah

Definisi Tawassul dan Definisi Wasilah(Sarana) dalam Al-Qur’an